Rabu, Maret 05, 2008

PERTEMUAN Pertama

MERASAKAN QI

MENGAKTIFKAN QI

JURUS PEMBUKA DAN PENUTUP
1.WU JI ZHUANG ( KUDA-KUDA UTAMA)
2.KUDA-KUDA TAI CHI ( KUDA-KUDA MENUNG-GANG DOMBA)

PENJELASAN TEORITIS TENTANG QI


MERASAKAN QI


“Setiap orang memiliki qi, tapi tidak semua tahu”

Saat Anda menguap, Anda dapat merasakan semacam kehangatan atau rasa dingin mengaliri punggung Anda sampai ke kepala Anda, kadang Anda sampai keluar air mata. Suatu sentuhan pada telapak kaki dapat memiliki pengaruh ke seluruh tubuh. Saat buang air kecil, anak-anak sering kali merasakan getaran tubuh yang tidak disengaja. Semua ini adalah bentuk perasaan akan qi.
Kalau tubuh Anda digetarkan oleh dinginnya es, itu adalah aliran qi. Begitu juga perasaan bahwa dingin merasuki tulang berasal dari aliran qi. Bila Anda terkena penyakit pilek akibat udara dingin, ini dapat dijelaskan oleh aliran qi. Qi berpindah dari tubuh yang terpapar udara dingin. Perpindahan qi itu menyebabkan sistem kekebalan tubuh atau tubuh secara keseluruhan menjadi lemah.
Saat Anda sangat terangsang, jantung Anda berdetak kencang dan Anda menjadi berkeringat. Kalau Anda merasa malu, wajah Anda memerah. Kalau Anda berperasaan lembut, Anda akan terangsang secara seksual. Semua ini diakibatkan oleh aliran qi.
Tusuk jarum bekerja dengan mempengaruhi qi pada titik-titik tertentu pada tubuh dengan menggunakan jarum dan teknik gerakan tangan yang sangat halus. Penerapan lainnya yang memiliki pengaruh pada aliran dan penyebaran qi adalah pemanfaatan tumbuh-tumbuhan obat dan zat penyembuh alami lainnya; moksabusi (perawatan dengan menggunakan tumbuhan obat moksa yang dibakar pada daerah sekeliling titik akupunktur); latihan qi gong; yoga; meditasi dan tai chi.

Latihan

Jurus 1:
Duduk bersila dengan punggung ditegakkan dan dagu sedikit ditekuk. Pandangan lurus ke depan sehingga kepala Anda membentuk garis lurus dengan tulang belakang (lihat contoh/gambar). Hadapkan kedua telapak tangan anda di depan dada Anda dengan jarak sekitar 25 cm. Tahan selama beberapa lama ( 3 – 5 menit), dan rasakan. Kemudian gerakkan kedua telapak tangan perlahan-lahan mendekat dan menjauh secara bersamaan dan rasakan. Terus gerakkan kedua telapak tangan sampai Anda merasakan adanya energi vital (qi) yang tarik menarik di kedua telapak tangan Anda. ( lihat contoh/gambar ). Lakukan latihan ini selama lima atau sepuluh menit setiap kali latihan.

Catatan : Selama melakukan latihan ini fokuskan perhatian Anda pada kedua telapak tangan.

Tujuan : Latihan ini dimaksudkan untuk menunjukkan adanya qi pada setiap orang dengan cara merasakan reaksi yang muncul akibat menghadapkan kedua telapak tangan. Juga dimaksudkan untuk melatih kepekaan tangan bagi Anda yang hendak melatih teknik penyaluran qi (tingkat lanjut).

Variasi : Latihan di atas dapat dilakukan sambil berdiri atau pun duduk di kursi –dengan catatan posisi punggung ditegakkan seperti posisi pada latihan di atas. (lihat contoh/gambar). Variasi lain adalah dengan meletakkan telapak tangan kanan di depan dada dan menghadapkannya ke bawah dan meletakkan telapak tangan kiri di depan perut di bawah pusat dan menghadapkannya ke atas persis berhadapan dengan telapak tangan kanan. (lihat contoh/gambar).


MENGAKTIFKAN QI

“Qi adalah unsur penting yang tak terlihat yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan keseimbangan emosi”

Qi adalah penjabaran dari ideogram bangsa Cina, yang seperti kebanyakan ideogram Cina lainnya memiliki banyak arti. Qi berarti daya kehidupan. Qi juga berarti gas, udara, nafas, bau dan banyak lagi.Qi merupakan konsep kunci dari filsafat Cina, dan mengartikan unsur penting yang tak terlihat.

Dalam kedokteran Cina qi berarti kegiatan fisiologi dan vitalitas fungsi organismenya, maka ia berarti suatu daya atau energi kehidupan. Semua arti qi ini kurang lebih berkaitan dengan pernapasan.

Penelitian ilmiah tentang alam, dalam dunia fisika kuantum telah menunjukkan bahwa qi, merupakan sejenis gelombang magnet listrik dengan spektrum yang sangat lebar berkisar dari gelombang radio sampai ke gelombang mikro, infra merah, cahaya tampak, ultra ungu dan gelombang radio aktif. Ia juga dapat memiliki sipat suara infra atau sipat-sipat medan magnit.

Pengalaman penulis sebagai praktisi menunjukkan bahwa qi hakikatnya juga adalah prana dalam yoga, energi bintang (shing chi) dalam Rei ki, energi kosmik, energi vital, energi ilahiah, bio energi atau apa pun namanya.

Qi atau energi vital mengalir pada manusia melalui aliran (imajiner) energi vital yang disebut meridian. Dari jaringan meridian ini qi bergerak dan bekerja menurut hukum keseimbangan universal atau hukum alam yang diikuti oleh aliran Taois. Menurut hukum kesimbangan universal, universe atau jagad semesta dibentuk dari tenaga kosmis antagonistis. Dua tenaga kosmis antagonistis ini dalam teori falsafah alamiah Tionghoa Kuno disebut Yin dan Yang (negatif dan positif). Yin dan Yang saling memperlengkapi tetapi juga saling berlawanan. Segala sesuatu yang terdapat dalam alam semesta bergerak menurut hukum keseimbangan Yin dan Yang.


Latihan

Jurus 1


Duduk bersila, dan buat posisi kaki senyaman mungkin. Punggung ditegakkan, dagu sedikit ditekuk. Pandangan lurus ke depan. Sehingga kepala Anda membentuk garis lurus dengan tulang belakang. (lihat contoh/gambar). Kemudian letakkan kedua tangan di atas meja –atau di atas paha bila tidak ada meja- dengan telapak tangan menempel pada permukaan meja. Tapi jangan ditekan. (lihat contoh/gambar).
Kendurkan bahu dan tangan Anda, kemudian pejamkan kedua mata Anda. Fokuskan perhatian Anda pada ujung-ujung jari kedua tangan, dan rasakan. Bernafaslah secara alami, sebagaimana Anda biasa bernafas, jangan diatur atau ditahan. Anda hanya merasakan.

Jika pikiran anda mengajak Anda berjalan kemana-mana, kembalikan perhatian Anda pada ujung-ujung jari tangan. Anda hanya merasakan dan terus Anda rasakan sampai Anda merasakan rasa hangat, atau dingin, atau rasa kesemutan di kedua telapak tangan Anda, atau rasa lainnya di bagian tubuh Anda yang lainnya. Atau salah satu dari rasa-rasa tersebut di seluruh bagian tubuh anda.

Terus ikuti sensasi yang Anda rasakan. Semakin lama Anda akan merasakan ujung-ujung jari Anda bergetar dan bergerak-gerak. Ikuti dan rasakan saja sampai getaran jari-jari tangan anda menguat dan tangan anda terasa ingin mengangkat. Ikuti saja dan terus rasakan.

Jangan berusaha menghambat gerakan tangan Anda, atau mencoba memikirkan mengapa tangan anda bisa terangkat. Biarkan tangan anda terus bergerak ke atas sampai sejajar dengan bahu. (lihat contoh/gambar). Setelah itu buka mata Anda dan perlahan-lahan turunkan kembali tangan Anda ke atas meja –atau paha.
Lakukan latihan ini selama 5 – 10 menit dan ulangi sebanyak 3 kali.

Tujuan : mengaktifkan qi dan mengenal gerak rasa.

Alat Bantu : Meja kecil setinggi 30 cm; musik klasik (iramanya mengalun; wangi-wangian.

Variasi : Latihan ini bisa juga dilakukan berdiri (lihat latihan selanjutnya) atau dengan duduk di kursi, dengan syarat tapak kaki menempel lantai, dan posisi pinggang ke atas tegak lurus. (lihat contoh/gambar).


JURUS PEMBUKA DAN PENUTUP


1.Wu ji Zhuang (Kuda-kuda Utama).

“Wu ji akan menciptakan Tai Chi”

Berdirilah tegak dengan kedua kaki cukup rapat dan kedua lengan menggantung secara alami di kedua sisi. Kendurkan otot-otot dada Anda. Tahanlah sedikit rahang bawah Anda. Pandanglah sejajar ke depan. Mulut anda sebaiknya sedikit terbuka, seolah tersenyum. Tutuplah mata dengan pelan, bersihkan pikiran dari semua masalah, dan bersikaplah rileks. Tetaplah dalam posisi ini antara 5 – 10 menit atau satu buah lagu. (lihat gambar/contoh).

Tujuan: mengembangkan kekuatan; kuda-kuda yang mantap dan mengembangkan tenaga internal (qi).

Catatan : Pikiran dalam kondisi rileks. Biarkan pikiran Anda lepas, jangan diarahkan dan jangan pula diikuti. Istirahatkan otak kiri, aktifkan otak kanan dengan cara merasa dan perhatian. Fokuskan perhatian pada titik dan tien ( terletak kira-kira empat jari dibawah pusat) dan rasakan. Apabila pikiran mengajak Anda untuk berkelana kemana-mana, kembalikan lagi perhatian pada titik dan tien. Bernafaslah secara wajar dan alami. Hirup dan hembuskan sesuai dengan kebiasaan Anda bernafas. Jangan ditahan. Rasakan apa saja yang dirasakan oleh setiap anggota tubuh Anda. Ikuti fantasi yang timbul dan Anda rasakan. Satukan tubuh dan rasa (pikiran). Sampai Anda dapat merasakan ketenangan. Kaki Anda terasa menancap kokoh ke bumi seakan-akan ada akar yang mengikatnya. Berat tubuh Anda sepenuhnya bertumpu pada kedua kaki Anda. Dengarkan apa yang didengar oleh telinga Anda. Biarkan telinga Anda mendengar. Semata-mata mendengar. Hingga Anda merasakan keheningan dan ketenangan yang sungguh-sungguh.


2.Kuda-kuda Tai Chi, Kuda-kuda Menunggang Domba

“Istirahatkan pikiran (otak kiri), aktifkan rasa (otak kanan) dengan merasa”

Setelah berdiri beberapa lama dalam Kuda-kuda Utama, lanjutkan ke Kuda-kuda Tai Chi atau Tiga Lingkaran. Tanpa menggerakkan kaki, pindahkan berat tubuh Anda ke kaki kiri Anda. Dengan kaki kiri Anda, yang dikenal sebagai kaki “solid atau isi” yang mendukung berat tubuh Anda, gerakkan kaki kanan Anda yang dikenal sebagai kaki “nyata atau kosong” , jauhnya satu kaki ke kanan Anda. (lihat gambar/contoh). Kemudian pindahkan berat Anda dari kaki kiri ke kaki kanan, yang menjadi kaki “solid”, dan gerakkan kaki kiri Anda , kaki “nyata”, mendekati kanan Anda (lihat gambar/contoh). Dengan berat tubuh sekarang di atas kaki “solid” kanan Anda, gerakkan kaki “nyata” kiri Anda sejauh dua kaki ke kiri Anda (lihat gambar/contoh). Salurkan berat tubuh Anda di atas kedua kaki sehingga keduanya “solid”. Kaki Anda seharusnya berada pada dua kaki atau satu setengah lebar lengan, terpisah.

Tekuklah lutut Anda sehingga keduanya berada di atas jari kaki Anda. Pastikan tubuh Anda tegak dan rileks. Kemudian naikkan kedua lengan ke depan sampai batas dada, dengan siku terlipat sehingga lengan Anda membentuk lingkaran di depan Anda. (lihat gambar/contoh).


Tujuan : mengembangkan kekuatan; kuda-kuda yang mantap dan mengaktifkan dan mengendalikan tenaga internal (qi).

Kata Kunci :

Pastikan bahwa bahu dan siku Anda jatuh secara alami. Biarkan bibir Anda seolah tersenyum, tutup mata pelan-pelan, fokuskan pikiran ke ujung-ujung jari tangan Anda dan rasakan. Apabila pikiran mengajak Anda berkelana ke tempat lain, fokuskan kembali ke ujung-ujung jari tangan Anda, dan terus rasakan. Anda hanya merasakan saja. Tetaplah tenang dan rileks dalam kuda-kuda ini selama beberapa menit sampai Anda merasakan rasa hangat menjalar di telapak tangan Anda dan makin lama ujung-ujung jari tangan Anda bergetar dan terasa ingin bergerak dan mengangkat ke atas. Ikuti saja rasa tersebut. Biarkan tangan Anda mengangkat ke atas sampai batas dada, kemudian lipat siku Anda sehingga lengan Anda membentuk lingkaran di depan Anda. Pertahankan posisi kuda-kuda ini selama lima menit. Setelah itu turunkan lengan Anda perlahan-lahan, rasakan seolah-olah ada energi yang menahan turunnya lengan Anda.

Pada akhir pelatihan kuda-kuda ini, kembalilah ke Wuji atau Kuda-kuda Utama, dan tetaplah tenang selama beberapa menit. Kemudian fokuskan tenaga internal di dan tien perut Anda selama satu atau dua menit.

Tidak ada komentar: