Rabu, Maret 05, 2008

Akupuntur dan Jahe untuk si Botak

Botak bagi sebagian orang gak keren, bahkan terlihat lebih tua dari uisa sebenarnya. Nah, kini ada salah satu pengobatan alternatif untuk mengatasi kebotakan itu, tusuk jarum dan jahe.

Tusuk Jarum alias Akupuntur, adalah pengobatan tradisonal Tiongkok kuno. Kini makin lazim digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk penyembuhan penyakit, menjaga kebugaran maupun kecantikan

David Sungahandra dari Klinik Lotus, Jakarta Barat, salah satu akupunturis yang menangani pasien yang ingin n menumbuhkan kembali rambut yang rontok. Menurutnya, botak terjadi karena energi chi di daerah kepala tak seimbang. Penyebab lain, selain pola hidup kurang sehat, bisa pula karena energi chi di paru-paru kurang baik, sehingga pertumbuhan rambut. "Karena itu, chinya harus diseimbangkan," katanya.

Untuk menyeimbangkan chi, David menggunakan teknik akupuntur. Baginya, akupuntur digunakan untuk membangkitkan energi chi yang kurang seimbang dalam tubuh manusia. Sejauh pengalaman selama ini, banyak pasien "sembuh" dari kerontokan rambut atau botak. Di samping akupuntur, David masih membekali pasiennya seduhan obat tradisonal Cina.

Di Taman Sringanis Bogor, pengobatan akupuntur dibarengi dengan obat-obatan tradisional khas Indonesia. "Berbagai tanaman obat terdapat disini,"ujar Joko Sukrisno, sekaligus pengurus Taman tanaman obat itu.

Nah, kembali ke soal kebotakan, lamanya terapi untuk setiap kasus kebotakan tidak bisa dipukul rata. Tergantung penyebab rontoknya rambut. Misalnya, setelah dideteksi rambut rontok akibat fungsi paru-paru yang kurang baik, akan diperbaiki dulu titik-titik di organ tubuh tersebut. Bisa juga di organ lainnya, seperti di ginjal.

Tahap awal pengobatan, wawancara singkat, pemeriksaan nadi di tangan untuk 10 titik paru-paru dan jantung. Saat pemeriksaan dengan nadi, David mungkin akan merasakan getaran di titik-titik organ tubuh pasien yang mengalami gangguan.

Setelah itu, David akan membalurkan jahe di daerah kepala yang mengalami kebotakan. Katanya, jahe berfungsi membantu merangsang akar-akar rambut. Jahe, menurutnya, juga memberi rasa hangat di kepala.
Setelah membalurkan jahe, David akan memukul-mukul kepala tersebut dengan alat terbuat dari plastik yang berujung tujuh jarum kecil. Alat itu dinamainya seven star, berfungsi sebagai jarum akupuntur.
"Saat kepala pasien dipukul-pukul, akan mengeluarkan darah. Tapi, tidak sebanyak yang dibayangkan orang. Rasa sakit juga jauh berkurang karena kulit kepala sudah dibaluri dengan jahe," katanya.

Kegiatan pukul-memukul itu dilakukannya selama 10 menit. Setelah terapi pemukulan itu, David akan membalurkan jahe kembali di kepala pasien. Sampai di sini kegiatan itu selesai. Namun, bila ada tambahan keluhan, seperti sering pusing, ia akan menusukkan tiga jarum khusus di kepala. Satu jarum tepat di atas ubun-ubun. Kedua jarum lainnya terletak di dua jari dari ubun-ubun, kiri dan kanan. Lamanya penusukan sekitar 15 menit. Mau coba? Tapi jangan lakukan sendiri di rumah. Don't try this at home. (diramu dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: