Senin, September 08, 2008

Nutrisi Ala Tao Mencegah Penuaan

Ini peringatan bagi Anda yang punya kegemaran pada satu jenis makanan tertentu. Melahap makanan sama jenisnya terus-menerus setiap hari selama tujuh hari seminggu tidaklah sehat. Keragaman jenis nutrisi yang masuk ke tubuh merupakan salah satu cara penting untuk menjaga organ internal tubuh tetap sehat sekaligus mencegah gangguan sistem pencernaan.

Inilah hasil penelitian terbaru Maoshing Ni, dokter ahli pengobatan Cina spesialis antipenuaan berlisensi dari American Board of Anti-Aging Health Practitioner, California, Amerika Serikat. Menurut dia, asupan nutrisi harus sesuai dengan lima elemen energi yang menciptakan jagat raya.

Kelima energi yang dimaksud pengajar Tao untuk kesehatan itu adalah kayu, api, bumi, logam, dan air. Tiap elemen energi tersebut mewakili sebuah warna yang cocok. Misalnya kayu cocok dengan hijau, api dengan merah, bumi untuk kuning dan oranye, logam sesuai dengan putih, dan air dengan hitam, biru, serta ungu.

Diet seimbang adalah mengkonsumsi jenis nutrisi dari setiap warna tersebut. Misalnya sayur-sayuran, pilihlah yang mewakili kelima elemen energi dan warna tersebut. Hijau (kayu), pilihanlah asparagus, bayam, brokoli, dan kangkung. Merah (api) gunakan cabe merah, paprika merah, dan bit merah. Sayuran berwarna kuning dan oranye (bumi) makanlah labu oranye, kuning, dan ubi rambat. Sayuran putih (logam) diwakili bunga kol, bengkoang, dan lobak. Sedangkan sayuran berwarna gelap (air), makanlah terong ungu, rumput laut, dan jamur hitam. (Infokes Tempo 8-14/09/08)

Tidak ada komentar: